Skip to main content

Nothing To lose (Tak Terikat Dunia)

Tidak terikat pada dunia, adalah sebuah kemustahilan kata hampir semua orang. Namun kenyataanya untuk tidak terikat pada dunia itu bisa. Tuhan akan memampukan kita ketika kita untuk berani lebih dekat dengan-Nya.
Apa yang dimaksud terikat dengan dunia? Pertanyaan tersebut memang sangat sulit untuk dijawab karena kita masih berada di dunia. Paling tidak apa yang kita gunakan, makan dan pikirkan adalah tentang dunia. Maka saya dapat memberikan jawaban yang lebih mudah dipahami yaitu dengan mengatakan satu kata ikhlas.
Memang sangat sulit untuk menjadi ikhlas seperti sayang saya ulas sebelumnya : baca.. Namun semua dapat diusahakan asalkan kita mau. Mungkin lalu banyak orang bertanya bagaimana caranya? Hanya satu langkah kecil yang kita lakukan yaitu menata dan mensinkronkan antara hati, tutur kata dan perilaku. Ya langkah kecil itu pasti akan dibantah banyak orang kalau kita kategorikan hal yang mudah. Itu adalah langkah kecil yang tersulit dalam hidup ini. Sayapun merasakan demikian.
Untuk dapat memulai langkah kecil itu saya saya mencoba untuk banyak diam dan mendengarkan dan bicara seperlunya. Namun hal itu juga sulit untuk saya yang suka omong. Namun tetap saya coba lakukan. (berbalik arah kebiasaan). Selanjutnya saya mulai untuk memilah info yang harus saya rekam dalam memory saya dan mana yang tidak perlu. Selanjutnya saya bawa dalam permenungan saya agar hal tersebut dapt saya komunikasikan dengan diri saya sendiri. (internaisasi). Bagian tersulit adalah menentukan pilihan dalam hidup ini berdasarkan banyak informasi yang telah saya terima dan menjalaninya dengan tanpa beban (enjoy)
Dalam menjalankan pilihan itu selalu  dalam pikiran saya saya selibkan sugesti apa yang kupunya, kupilih dan kujalani bukanlah kehendaku saja melainkan juga karena kehendak Tuhan dan demi keluhuran namanya di dunia ini. Maka semua yang saya jalani ringan. Meski sudah ringan terkadang masih ada saja keluhan yang muncul karena ada hal yang mengikatku di dunia maka saya selalu menyelipkan sugesti lain yaitu apa yang menjadi kepunyaanMu adalah milikMu, aku hanya memanfaatkannya, bila sang pemilik mau mengambilnya maka aku harus terima.
Berikut ini adalah peristiwa dimana saya harus berani belajar dan menjadi ikhlas. Siapa yang tidak ingin dengan posisi jabatan yang bagus dan penghasilan cukup. Saya juga pernah merasakan itu, dan dengan posisi saya itu saya merasa harus membantu orang lain untuk dapat maju dan berkembang. Membantu juga tidak mudah terkadang saat kita membantu dengan tulus justru yang kita alami adalah kita dimanfaatkan dan lebih jahat lagi kita dibantai oleh orang yang kita bantu. Kita akan meresa kecewa karena merasa dikhianati oleh orang kita bantu. Saya pernah rasakan dan itu sakit sekali. Justru ketika kita marah kita akan merasa sangat disakiti.
Akirnya saya hanya mengatakan mungkin belum rejeki saya untuk menjadi orang yang beruntung, selanjutnya saya tetap mencoba membantu lebih banyak orang dan banyak hal baru dan indah ketika saya membantu tanpa berharap apapun dari bantuan itu. Maka memang benar kata orang bijak dahulu, “Raihlah dulu kerajaan surga maka kamu akan menemukan hal baru yang lebih idah dari sebelumnya” Tuhan memberikan bukan apa yang kita minta dan mau, namun Ia memberikan apa yang paling kita butuhkan,
Kunci utama adalah berserah  pada penyelengaraan Tuhan dan keberanian kita untuk mengampuni maka lebih banyak hal yang indah kan mengisi hari-hari kita.(*)
Mitromoto di peraduan 27 November 2017


Popular posts from this blog

Limbah Pizza Hut Jl. Sultan Agung, Ganggu Warga Sentul Rejo

mitromoto.blogspot.com|19-12-2015|| Tidak di ragukan lagi bahwa suasana usaha dan investasi bidang kuliner di Jogja semakin marak di tengah gencarnya promosi pariwisata Jogja. Namun kenyataan ini tak jarang mempunyai efek yang secara signifikan mengangu masyarakat di sekitar lokasi usaha yg di bangun. Kenyataan ini terjadi di daerah Sentul Rejo lebih tepatnya di Gang Rode hingga kekampung Sentul Rejo bagian belakang Waralaba Pizza Hut di Jalan Sultan Agung. Gang Rode adalah gang yang dilalui oleh pipa pembuangan limbah dari restoran ini. Limbah yg berbau busuk dibuang melalui pipa menuju saluran pembuang jaman Belanda yg sudah sangat usang. Karena usia dan kondisi saluran kuno ini terkadang tidak dapat menampung limbah dari restoran ini yang akibatnya sering meluap ke jalan kampung dengan menebar bau busuk. Didik mantan RT di kampung tersebut yang paling parah terdampak oleh luapan tersebut, karena rumah yg ia tempati pas di depan bak kontrol saluran jaman Belanda yg sering meluap.

Anakku Baper

MENGGAPAI MIMPI DITENGAH REALITAS

Wajahku tampak sayu seakan hidup hanya berhenti untuk sesaat kenyataanya proyek bukan segalanya dalam hidupku. ada jiwa yang terkoyak ketika kenyataanya proyek menjadi harapan kosong dalam hidup dan matiku. Aku baru mengerti bahwa hidup ini penuh dengan misteri. Nyatanya yang ku harap hanya janji kosong yang tak berarti Inikah kenyataan atau hanya bantahan kosong dari yang kuharapkan selama ini